Minggu, 15 Agustus 2010

9 JURUS MEMBUNUH NEGATIVE THINKING

Mungkin sebelum membaca artikel ini Anda sebelumnya pernah mendengar tentang Negative, dan Positive Thinking baik dalam keseharian Kita ataupun dari buku-buku, dan seminar-seminar motivasi. Fikiran Kita merupakan cermin dari pribadi Kita, saat fikiran Kita sakit maka secara otomatis tubuh Kita akan ikut sakit dan tanpa Kita rasadari fikiran Kita ternyata sangat berperan besar dalam kehidupan Kita.
Contoh cerita :
Pernahkah Anda terlintas atau bahkah Anda fikirkan pada saat hujan datang, dimana pada saat itu Anda sudah hampir telat untuk berangkat kerja, dan kemudian pada saat itu Anda sedang dalam kondisi tergesa-gesa sekali sehingga mau tidak mau Anda harus berani menerobos kepungan hujan pada saat itu. Kemudian biasanya pernahkah Anda mendengar seseorang yang berkata bahwa apabila dia terkena air hujan walaupun sedikit mengenai kepalanya maka dia akan sakit. Dan ternyata keesokan harinya lintasan di fikirannya membuktikan bahwa fantasi yang ada di fikirannya mengantarnya kepada sesuatu yang membuat Dia seperti apa yang difikirkannya “sakit”.
Hal ini sangat berbeda dengan seseorang yang memilki pola fikir positif. Biasanya orang-orang yang selalu berfikir positif mereka lebih kuat secara fisik dan mental. Mungkin timbul didalam benak Anda pertanyaan apa hubungannya kesehatan dengan pola fikir positive ? Anda pernah mendengar/menyaksikan psikolog mengobati pasiennya, mereka biasa dikenal dengan menggunakan cara hipnoterapi yang kaitannya dengan kesehatan mental sehingga pada saat mental Kita sehat atau tersembuhkan maka secara pararel sakit pada jasmani Kita mulai sedikit demi sedikit tersembuhkan. Berpikir negatif tidak akan membawa kita ke arah perbaikan, justru membuat perasaan tambah buruk jadi mulailah dari sekarang membuang sifat negative thinking yang ada didalam fikiran Anda.
“ Biasanya, orang lebih kuatir tentang hal yang tak dapat dilihatnya daripada yang dapat dilihatnya “.
(Julius Caesar)

Berikut ini merupakan sembilan cara/teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif, sebagai berikut :

1. Hidup di saat ini
Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian yang ada di masa sekarang. Jika Anda menemukan pikiran Anda terkukung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol, jadi untuk menghilangkan kekhawatiran yang mungkin akan terjadi di waktu yang akan datang Kita harus mengoptimalkan usaha Kita disaat sekarang agar mendapatkan hasil yang terbaik di masa yang akan datang.

2. Katakan hal-hal positive pada diri Anda
Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Biasanya hal tersebut dapat dilatih dengan menggunakan cermin, Anda dapat memberikan sugesti positive Anda. Perintahkan alam bawah sadar Anda untuk memikirkan atau melakukan hal-hal positive. Proses ini hampir sama dengan cara induksi yang dilakukan dalam metode self hipnotis, yang berfungsi untuk memberikan sugesti positif kedalam fikiran Kita.
Marilah Kita coba mempraktikannya hari ini juga dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri. Terkadang berfikit positif ini sangat bertentangan dengan apa yang Kita fikirkan, dan cenderung kurang percaya bahwa metode ini akan berhasil “itu tidak mungkin!”, “mana bisa?” dan berbagai argumen lain yang menghiasi penerapan pola fikir positive thinking ini.

3. Percaya pada kekuatan pikiran positif Anda
Jika Anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika Anda berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa Anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda, namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik. Dan mohon agar dapat Anda ingat bahwa fikiran Kita adalah seperti filter yang akan melakukan filterisasi seperti apa yang Anda inginkan, saat Anda mencari hal-hal negative pada diri Anda maka akan menemukannya. Dan fikiran Anda sangat cedik memilihkannya untuk Anda seperti yang Anda inginkan, hal ini berlaku sebaliknya saat Anda menginginkan hal positive dalam diri Anda maka fikiran Anda akan menyediakannya persis seperti yang Anda inginkan. Jadi hati-hatilah dengan fikiran Kita, Kita adalah apa yang Kita fikirkan.

4. Jangan berdiam diri
Telusuri apa yang membuat Anda berpikiran negatif, perbaiki, dan kembalilah dalam trek positive Anda. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi Anda, juga membuat Anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah atau pelajaran dari hal tersebut, dan kembali dalam trek yang benar. Atau mungkin Anda dapat membeli buku-buku motivasi yang dapat memberikan kepada Anda tambahan bahan bakar motivasi.

5. Fokus pada hal-hal positif
Ketika kita sedang berpikiran negative, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positive yang terjadi pada hari tersebut. Hal positive itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekedar hal-hal kecil seperti ‘hari ini cerah’ atau ‘makan sore hari ini menakjubkan’. Selama Anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negative Anda menjadi suatu pemikiran positive. Dan ketika Anda mulai merasa berpikiran negative, baca kembali jurnal tersebut.

6. Bergeraklah
Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan Anda menjadi lebih baik. Apakah itu sekadar berjalan mengelelingi blok ataupun berlari sepuluh kilometer, aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik. Ketika Anda merasa down, aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat Anda merasa lebih baik.

7. Hadapi rasa takutMu
Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin banyak fikiran negative dalam diri Anda yang terus mengikuti Anda. Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu mungkin memang sulit tapi Anda harus mencobanya. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita. Sebelum saya menulis artikel ini sebelumnya saya mencoba mempraktikan apakah materi-materi training motivasi yang selama ini dapat bermanfaat buat saya lalu benarkah semua itu ? itu pertanyaan awal saya setelah mendapatkan training motivasi yang pernah saya ikuti. Dan pada saat itu kurang lebih 6 atau 7 tahun yang lalu saya memberanikan diri untuk mengikuti dan memberanikan mendaftarkan diri saya pada sebuah training luar biasa yang mampu mengubah pola fikir saya saat ini yaitu fire walk ( berjalan di atas api ), pada saat itu ada keraguan apakah saya benar-benar berani untuk berjalan di atas bara api yang sangat panas tersebut. Pada saat itu saya berfikir Andai saja saya di izinkan membawa pengorengan dan sebutir telor ayam mungkin saya bisa memasaknya di atas bara tersebut, sayang hal tersebut tidak diperkenankan ha.. ha.. ha.. saya berkelakar.
Kemudian tibalah acara yang Kami tunggu-tunggu, sebelumnya trainer kami memberikan kata-kata positive kepada Kita dalam proses induksi tersebut si trainer tidak henti-hentinya mengatakan kepada Kami “ Jika Anda berfikri Anda bisa, Anda pasti bisa “ dan “ saat Anda berfikir bara ini dingin Anda akan merasakan itu “. Kata-kata itu selalu diulang-ulang hingga Kami benar-benar siap untuk melakukannya. Lalu music mulai di dengarkan, musik yang begitu keras yang mengelegar seakan mampu memacu adrenalin Kami, musik itupun serasa ikut berpartisipasi dalam acara itu, hingga tibalah giliran saya dan saya kemudian maju kedepan sambil saya teriakan kata-kata “ Saya pasti bisa!!.. saya pasti bisa!! “ walaupun terdapat keraguan dan campur aduk dibalut dengan rasa takutpun terurai perlahan pada saat Ku langkahkan satu kakiKu dan Sayapun mulai melangkah dengan percaya diri dan akhirnya Sayapun bisa melakukannya. Wow bravoo.. Saya bisa !! dan ini Saya ulangi hingga beberapa kali. Dari training hebat tersebutlah banyak perubahan dan manfaat yang saya rasakan dalam diri saya, dan seolah-olah saya dilahirkan kembali dengan semangat baru.

8. Mencoba hal-hal baru
Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan "Ya" pada kehidupan Anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Jauhi pikiran "Ya, tapi..". Pengalaman baru, kecil atau besar, membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna. Dan cobalah Anda mengurangi kata-kata ”Tidak” dalam keseharian Kita, karena kata-kata terkadang membuat Kita menjadi lemah jika tidak pas waktu penggunaan kata tersebut.

9. Ubahlah cara pandang Anda
Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan. Jadi tunggu apalagi jika Anda percaya bahwa berfikir positive mampu memberikan Anda result yang positive juga jangan tunda lagi, dan mulailah melakukannya sekarang juga. Dan rubahlah hal-hal negative yang selama ini melekat dalam hidup Anda. Jika nanti Anda merasa spirit positive Anda berkurang atau bahkan menghilang Anda dapat membaca Artikel ini kembali.
Semoga bermanfaat, dan semoga hari Anda selalu menyenangkan.
Have a positive days, Gie’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar